Wednesday, November 16, 2011

28 Hari Pertama

Saya tinggal di Depok, di perumahan yang terpencil, yang jauh dari peradaban, yang tukang bakso aja ogah lewat, yang Pizza Hut aja ga mau disuruh delivery kesini, yang kalo mau ke jalan besar aja harus ngojek dulu goceng. Jauh dari hingar bingar perkotaan.

Untungnya selama ini jualan kue online, kue diambil dan dianter sama kurir kue (makasih yaa pak Zai), belanja bahan kue juga tinggal SMS lalu dianter, beli baju, beli cemilan cukup dari FB aja, ditransfer lalu barang dianter pake TIKI. Menolong sekali, hihhihi.

oh iya, sekarang 16 November, tepat 28 hari saya gabung sama d'BC Network, dengan upline saya yang ada di Jogja, mbak dokter gigi yang nggak praktek tapi lebih demen jalanin bisnis ini, yang levelnya sudah Sapphire, yang senengnya karena katanya bisa ngasih manfaat ke orang lain, bisa kaya dengan mengayakan orang lain, emang iya?

Iya ini MLM, yang biasanya kalau denger aja orang kabur duluan, kayak saya lebih serem daripada kuntilanak, yang kalo saya ajak gabung 98% akan nolak :D Iya saya dulu juga gitu sih, liat orang-orang yang kekeuh jalanin MLM itu kayak kuntilanak, hahahaha, radius berapa meter saya akan ngumpet, hiihihihih, atuuut.

Jadi kenapa saya menyerahkan KTP saya ke mbak Astri, dan lalu merelakan diri saya jadi the next kuntilanaak??

Seminggu pertama, saya stress, hahahah, asli, jujur, karena saya cuma tau harga fondant sekilo 55ribu, ngocok putih telor baskomnya mesti bersih, dan kalo bikin kue tas itu kuenya ditumpuk ga boleh diberdiriin, dll dll ilmu bakulan selama 4 tahun ini. Saya harus belajar apa itu BP, BV, menghitung bonus, mendaftarkan downline, menjadi pelaku MLM tapi tetep santun, menjadi pribadi yang harus selalu optimis dan positif, nggak boleh gampang ngeluh, harus solution oriented instead of ngomel2 seperti yang selama ini saya lakukan, qeqeqeq.....

Di 4 hari pertama pula saya harus tupo seperti dikejar hantu, hahaha, karna saya pikir ah gabungnya 4 hari menjelang tupo nih, jadi mulainya ya katalog depan ajaa dehh, santai duluuu.... Eeeh eh eh... Apa kata upline saya? "mau rejekinya cepet gak pake nanti?" , ya mau, "ya udaaaaah mulainya sekarang gak pake nanti jugaaa!!!" hiyaahh, maaak, horor hahaha, downline saya pun juga akhirnya tupo, padahal ada yang lagi di atas bis, wakakaka, ada yang cuma megang bb yang ga bisa buka internet, ada yang lagi mbikin kueh, dll idiiihhhh bagaikan angin topan di tengah kedamaian, wakakakka....

Syok deh ceritanya. Saya yang 4 hari gabung. Ada yang baru sehari. In the next day, my upline kasih wejangan. Bahwa intinya, hidup nggak nungguin kita. Kita diem pun, hidup akan terus berjalan. Mau nanti-nanti, nunda-nunda, ya boleh, tapi kalo rejeki ketunda ya sudah dilarang protes :D Mau suksesnya cepet, ga pake nanti, ga pake tapi. Just do what we have to do. Jangan berlindung di balik alasan. Jiaaaaaah, jleppp! oke baik kakak....

Ketika saya sibuk dengan pesenan kue, upline saya membantu saya, ketika saya masih asing dengan semuanya, saya dibantu juga. Katanya, iya ini kan bisnis manusia Yul, saling bantu saling support....

Bisnis manusia iya, memang beda sama bisnis saya selama ini, bisnis kueh, terigu, gilingan fondant, yang diem aja diapa-apain, qiqiqiq. Betah saya kerja ngelus-ngelus fondant dari pagi sampe malem, ga ngomong ama siapa2, hahaha (yg kuntilanak jadi siapaaaahh :D) Ketika saya jalanin MLM ini, saya harus support jaringan saya, saling berbagi semangat bahkan dengan yang bukan jaringan saya, ngerti satu sama lain, saling backup, menularkan ilmu dan keoptimisan.

Di tupo yang kedua, alhamdulillah mencapai level manager 12%, yang tupo pertama kemarin 6%. Bonusnya waktu 6% 130ribuan, yang 12% 750ribuan. Iyah seneng bukan main, karena teman-teman di jaringan komitmennya tinggi, naik level juga, lulus kualifikasi welcome program juga. Semuanya fokus. Seneng karena selain bonusnya, banyak hal yang bisa saya ambil, yang insyaAllah akan meningkatkan mutu saya dan teman-teman sebagai manusia, yang kata mbak Astri yang terpenting adalah bisa menjadi manfaat untuk orang lain, yang ketika kita kaya kita bisa mengayakan orang lain, dengan itu kita bisa menolong diri sendiri, dan lebih leluasa memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Kaya itu nggak salah, asal kita bisa mempertanggungjawabkan dari mana asalnya dan dipakai untuk apa, kata Ippho Santosa.

Ketika dapet hadiah dari mbak Astri ikut LC Seminar kemarin, apa yang saya lihat? Ibu-ibu dasteran sendal jepitan? ooh jangan salah hihihihi...dandannya eksekutip abeeessss... Ibu2 ada, eyang2 ada, anak muda banyak, laki2, eeeh adaaaaa, banyak jugaaaa.... Bener kok, bukan modal 39.900 nya yang jadi soal utama, tapi mau jalan apa tidak dengan modal kecil itu, jangan meremehkan uang 40ribu masih ada kembaliannya itu, tapi apa yang bisa kita lakukan ketika kita sudah mendapatkan nomor konsultan Oriflame di tangan kita, kalo sungguh-sungguh, kalo binar-binar, insyaAllah, ini adalah buktinya, si mba Nad dengan banner gonjrengnya di semua website yg 4 tahun yang lalu saya liat, berdiri di panggung...

top leaders indonesia, yang puluh2 dan ratus2 juta sebulan, merea dulu juga mulai dari 0% lho teman-teman...

inih yang namanya mbak Yuliamaki qeqeqeq...blazernya minjem Uta, sepatunya beli pas berangkat, dianterin papa ke hotel Kempinsy naik mobil, anak2 dititipin ke mbak Indun dulu :D

Mbak Vita ini bu dokter gigi, sudah level director sekarang... jadi SM hanya 3 bulan saja, hebaaat, jurusan ngebut kalo di jaringan mbak Astri :D

Jangan diliat ngedeproknya tapi liat menu hotelnya, kakakkaa...

Donna Agnesia, brand Ambassador Oriflame, pastinyaaa juga pake produk Oriflame doong...


Ituuuh ballroomnya keren yaa, saya juga masuk-masuk tempat kayak gini kalo lagi pas jualan kue penganten aja kok, iseng amat hari biasa jalan2 di ballroom hotel, hahaha....
Inih yaaa jaringanku, aku dipegang ama mba Nad yang udah Excecutive Director, embah paling atas di d'BCN iniih buktinya, orangnya adaaa, bisa senyum bisa meluk, hihihhi...
Apa artinya foto ini? ini waktu lagi sesi training motivasi oleh pak Krishna Murti. 39.900 uang pendaftaran itu, kalau saja dimanfaatkan dengan baik, dijalanin bisnis ini dengan telaten dan sabar, banyak yang akan mandiri secara finansialnya, bisa menolong dirinya, keluarganya, dan orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya. Mengurangi anak-anak muda yang menganggur, memproduktifkan ibu rumah tangga yang ingin membantu keuangan keluarga, membantu ibu-ibu yang ingin bekerja dari rumah sambil merawat buah hatinya.

Ingin sekali saya beritahu semua orang tentang ini... bahwa jangan mengeneralisir bahwa semua MLM itu buruk hanya karena ada segelintir bisnis MLM lain yang buruk. Bahwa ini bisa lho membangun Indonesia dari rumah!


Jadi, teman-temanku, amanah-amanahku, jangan berkecil hati yaa kalau menghadapi penolakan, mungkin beliau belum melihat ini yang saya perlihatkan padamu, bukti nyata bertemu dengan orang-orang yang memang berubah jalan hidupnya dengan uang pendaftaran 39.900 itu. Tetaplah optimis dan selalu berpikir positif, karena dibalik kesukaran akan ada kemudahan... :)

Yang saya lihat kemarin itu, 600 leaders dari seluruh Indonesia, mereka pastinya juga orang-orang yang ga pake tapi dan ga pake nanti. Katalog yang terbit adalah tiket menuju naik level, menggunakan hari demi hari dengan sebaik-baiknya, tanpa males dan tanpa menunda. Sedemikian fleksibel waktu yang bisa kita gunakan buat ngerjain ini, mau pagi kek, siang kek, malem kek, mau nungguin anak2 tidur dulu, bisa kok... Level-levelnya dijembreng bebas, siapa yang mau pelan silahkan, mau terbang silahkan, kalo di d'BCN fasilitas disediakan lengkap, istilahnya tinggal mau ambil paculnya, mau nyangkulnya dan panas2nya apa tidak untuk panennya? mau kapan mencapainya? silahkan... tapi kembali ke paragraf di atas, kalo bisa cepet kenapa dilama-lamain.

Semoga makin manteb yaaa disini jalannya, ditekuni dan ditelateni.... Semoga semakin cinta dan semakin keras usahanya! Yuuuk mariii yang belum gabung, semoga mantab menjadi rekan kerjaku yaaaa.... http://www.yuliamaki.net


Yulia Riani
Independent Oriflame Manager
Jaringan drg Astriani karnaningrummenghasilkan uang dari rumah? modal cuman 39.900? kenapa nggaaakk!!http://www.yuliamaki.net