Friday, February 17, 2012

Harus Realistis!

Bukannya klarifikasi atau apa siih *mana mic? INSERT PAGI mode on*, tapi ada yang nyolek saya bilang gini "Maki, hidup tuh yang realistis, jangan LEBAAAYY, impian n so on, hari giniih dreaming? Yang pasti-pasti mawon gitu lhohhh...." (yang pasti2 aja maksudnya). Ini pasti karena saya heboh di FB, hehehehe, alhamdulillah ya, FB saya bisa dipake nyari duit. Tapi tetep saya mematuhi kode etik kok, yang mengharuskan stay humble but reach higher....

Jadi gini *pasang mic*, saya sih orangnya realistis, nih beberapa buktinya:
- Nyebrang jalan ati-ati banget karna REALISTIS, motor ama mobil belum lagi truk, bis, dll, keceng2 banget, akibatnya gak nyebrang2, kekekeke....
- Harga bahan kue mahal, makanya saya REALISTIS dengan harga jual kue-kue saya di Maki Cakes, check this out www.makicakes.com #eaaaaa promosi daah....

So when I'm speaking about my dreams (kata emak upline yang baru pulang dari Bangkok, mesti ngasah bahasa Inggris biar kalo ntar jalan2 keluar negri mo belanja pake nawar ga kagok :D), ulang, when I'm speaking about my dreams, yang di Oriflame memang diajarin untuk berani mimpi, semata-mata mimpi itu saya bikin karena saya orang yang sangat REALISTIS.

Saya kenal mimpi baru setelah bergabung di Oriflame.
Saya tahu bahwa saya harus punya target jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.
Target jangka panjang itulah mimpi, yang sama artinya dengan pengharapan dan doa, yang ketika suatu saat, walaupun belum tahu cara kesana tapi arah saya mantap kesana!

I need to make it happens ! Makanya saya daftar dan kasih KTP ke emak saya tersayang yang saya yakinin bisa membimbing saya gajian 4-7 juta dalam 5 bulan n ternyata faster ga sampe 2 bulan tercapai, alhamdulillah.... Ketika impian kita selaras bersama seluruh teman-teman di team, keberhasilan itu nyata.

Yang bikin saya lebih realistis lagi,
Tetangga depan saya, anak nomer 1nya SMU, Sekolah Negeri, per bulan SPP hanya 2 juta sajaa... :D Sekolah Negeri. Tahun 2011. Tahun nanti ketika Kintan yg sekarang masih umur 6 tahun SMU? Saya nggak mau menutup mata dengan berdalih sistem pendidikan di Indonesia tidak bagus, negeri vs swasta, dll dll. Saya cuma melihat realita di depan mata. Saya hanya ingin menyiapkan itu semua ketika waktu Kintan sudah tiba, dan Kinar nanti. Nanti Kintan kuliah sudah tahun berapa ya, 1 dollar berapa rupiah kalo mau sekolahin ke luar negri, kemanaaa kemanaa, nyariiinyaaa.... kemaren denger di radio, kalo misalnya mau menguliahkan anak ke luar negri, kalo mau planning, dari umur 2 tahun si anak itu, emak bapaknya mesti udah nabung per bulannya sekian sekian.



Saya sukaaa sekali baca buku The Magic of Dream Book nya mas Rangga Umara.
Impian kok yang menuntun kita selalu konsisten berusaha, selalu gigih apapun rintangannya, selalu bangun ketika jatuh, selalu berpikiran positif walopun mengalami kejadian negatif. Mas Rangga aja sampe bisa kayak gitu, jadi sudah teruji sudah terbukti kan juragan penggorengan lele Lela ini, patut kita tiru semangatnya. Dreaming is not something that aya-aya wae, tapi sesuatu yang harus dihadirkan supaya kita punya tujuan, punya arah, atas apa yang kita usahakan setiap harinya (diajarin suaminya mbak Desiana nih, hehehe, makasih ya mbak Des sudah membawa suamimu ke Homesharing, malah aku yang belajar hehehe...). Mau ke depan komplek beli sate, misalnya di jalan ketemu tukang somay ya teteeep jalan ke warung sate, fokus pada tujuan, eeeh di jalan tau-tau ketemu sama ibu X, ngobrol, nggak jadi jalan, satenya abis, salah siapa? salah sendiri nggak fokus, yang lain udah dapet bagiannya, kita ga kebagian, heheheh, ilustrasi.

Tidak semua orang mau menerima bisnis MLM.

Iya memang beda kepala, beda hati, beda pemikiran. Kalo mau baca, MLM ini salah satu jenis sistem penjualan saja. Saya percaya karena Oriflame salah satu perusahaan yang sehat, sudah 25 tahun di Indonesia, dan terus bertumbuh. Kok banyak yang gak berhasil? I dont know. di d'BCN ebooknya sama, trainingnya sama, foundernya sama. Ya memang orangnya yang beda2 :) Yang jelas, menuju keberhasilan, nggak bisa pilih-pilih kerjaan yang enak dikerjain, yang nggak enak nggak dikerjain, soalnya sudah jadi 1 paket.

Grow bigger seperti kata mbak Dini, dewasalah, fokus pada dirimu, serap yang positif saja. Saya tahu, saya akan berhasil jika terus melangkah. Ini tadi kan ceritanya abis baca blognya para leaders yang sudah Diamond2 dst, saya yakin mereka adalah yang mental-mentalnya luar biasa, usahanya luar biasa, pun yang belum Diamond tapi tau arahnya akan kesana, mereka bukan yang ongkang-ongkang kaki refrash refresh poin aja. Rendahkan hati, supaya kita bisa menerima ilmu darimanapun datangnya, bisa menerima perbedaan dengan dewasa. Fokus saya hanya keluarga, untuk keluarga saya jalankan ini semua, dan untuk keluarga juga hasilnya, YAKIN saya pasti akan sampai juga.

Kalau perlu waktu hanya 2-4 tahun untuk menjadi seorang Diamonds di Oriflame lewat d'BC Network, kenapa tidak saya jalani? Daripada saya berdiam, saya akan bergerak menjemput Diamond's Heaven. Saya belajar dari mereka yang sudah berhasil, saya baca kisah perjalanannya dari awal sampai bisa mencapai tangga Diamonds. Belajar dari yang berhasil, itu kuncinya, supaya tertular energi dan aura positif walaupun hanya membaca ceritanya saja :) Sudah tepat kah role model yang anda pilih? Belajar dari orang yang optimis atau orang yang pesimis? Lingkungan akan mempengaruhi cara berfikir anda juga.

Saat ini saya menjalani multi income, ada 3, jieeehh banyak yaa alhamdulillah... Dari Maki Cakes, dari Oriflame, dan dari suami, hehehehe... Kadang-kadang income juga jadi dari 4 sumber kalo lagi menang arisan RT, sayangnnya nggak tiap bulan, hihihihi.... Saya cinta dengan rutinitas saya membuat kue, masih menjadi sumber penghasilan, yang berusaha akan semakin disempurnakan eksistensinya, tapi saya juga menjaga aktivitas kegiatan bisnis networking ini terus berjalan, target sudah ditetapkan, pantang mundur, kalo terus maju efeknya JELAS. Kalo mundur efeknya juga JELAS. Maju saya bergerak, income juga bergerak. Mundur tidak ada efeknya untuk upline saya maupun donwline saya, efeknya hanya saya sendiri yang akan rugi, akan jauh tertinggal, akan hanya jadi penonton di saat yang lain menemukan zona nyamannya di Oriflame. So I will keep on running. Itu yang saya pelajari dari membaca kisah perjuangan-nya para Diamonds. Ibarat lari marathon menempuh jarak yang jauh, start bisa sama, tapi karena jauhnya, karena tenaganya, siapa yang bisa sampai ke garis finish?

Saya mengibaratkan apa yang saya lakukan di bisnis ini adalah INVESTASI. Karena sebenarnya bukan berapa besarnya pendapatan kita sekarang, tapi gimana manajemennya. Penghasilan besar kalo gaya hidupnya berlebihan daripada kemampuan, juga nggak akan jadi apa2. Alhamdulillah saya masih di usia produktif, tapi saya realistis, usia pensiun orang Indonesia di umur 50-55 tahun. Di umur tersebut, saya sudah bagaimana? Keputusan itu saya ambil sekarang, dan saya jalankan. Tidak ingin terjebak di euforia sesaat, hore2 dan lalu ketemu kerilkil pertama langsung balik arah, bukan begitu caranya, harus gigih karena selalu ingat target jangka panjang yaitu ingin pensiun tenang dengan keleluasaan waktu, target menengah yaitu Diamonds Director selambatnya 2013, dan yang di depan mata, open kualifikasi Gold Director selambatnya Maret 2012 . Sudah cek Success Plan? Betapa menggiurkan gaji seorang Director ke atas, bagaimana kenaikan gajinya di setiap tangga. Matrealistis, biarlah, saya menyebutnya Realistis dan Optimis :)

Realistis bahwa jalan tidak semulus mukanya Angelina Jolie, makanya bersyukur dipertemukan dengan bisnis ini, bisa belajar dari universitas alam raya, belajar karakter-karakter manusia, ada yang A, B, C dan lain-lain. Belajar menjadi leder, tugas leader kan tupo + rekrut + curhat, hihihihihi.... It's not easy, but it's also not difficult, masih akan banyak canda tawa yang mengiringi perjalanan saya dan jaringan menuju tangga karir di Oriflame. We're laughing together, share the journey together, thank you my team, semoga kita akan terus berdampingan sampai nanti di tahun-tahun mendatang.

Belajar menjadi orang yang bisa diandalkan, tidak selalu selamanya mengandalkan, belajar mandiri, makan en dandan sendiri :D
Belajar dewasa dan bijaksana menghadapi orang yang berbeda-beda.
KITA PASTI BISA.

Make a dream, have a plan, and GO FOR IT!


---

Yulia Riani/Andri Wibowo - Double Diamond Director
email : makidanpaki@gmail.com
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae

Ingin mewujudkan impian juga, bunda/kakak/adek/mas/mbak, pak? Yes, you can, silahkan bergabung...

Atau isi data di samping kanan atas, untuk mulai menerima informasi garis besar bisnis ini... :)

---------------
Yulia Riani
Owner of Maki Cakes & Independent Oriflame Senior Manager
www.yuliamaki.net
www.yuliamaki.blogspot.com

Wednesday, February 1, 2012

Bangkit dari Zona Nyaman!

Di pertengahan januari lalu, saya sebagai mantan anak STM, kekeke (suer deh saya ngga sekolah SMU tapi STM, jiahahahaha), diminta mengisi acara di sekolah saya, mengisi materi entrepreneurship untuk adik-adik kelas 2 dan kelas 3. Pulang kampung deh, ke Malang, bawa sekeluarga. Repot ya? Iyaa beginilah saya, hahahah, mau kemana juga anak-anak harus dibawa, apalagi keluar kota, apalagi nginep, karenaa... mana berani saya sendiri, kekekek, biarin, udah gede juga, gak berani saya kemana-mana sendiri, hihihihi....

Jadi temanya adalah Kewirausahaan, karena STM saya yang saya sekolah 3 tahun disitu dengan jurusan IT, sampai akhirnya menikah dengan kakak kelas saya disitu yang juga jurusan IT, si paki, ternyata tidak membuat saya setia dengan IT, saya malah puter balik, yaitu menjadi BAKUL, kekekeke.... :p Saya punya bendera bakul kue customized design (susahhh nyebutnya hahaha), pokoknya kue yang semau2mu apa bisa dibuatin gitu deh, namanya www.makicakes.com.

Sebelumnya, saya ini bukan tipe yang bisa ngomong depan orang, heheheh, kalo disuruh nulis mah ayooo, nulis apa aja saya udah pernah, kecuali nulis skripsi, hahahaha *tutupmuka*. Nggak percaya ? liat saya kalo lagi arisan RT, ada ibu2 anteng di pojokan cuma senyum manis dan ngemil suguhan, itulah saya hihihhihi....

Tapi emak aplen saya mbak Astri selalu bilang "BANGKIT DARI ZONA NYAMAAAN!" Beliau yang sudah Sapphire Director ajaaa, dateng tuh di muka khalayak ramai, prospecting, dandanin... Ngadain homesharing di rumah, ngisi training di Oriflame Jogja, hal-hal yang sebenernya kalo duduk manis aja nggak usah begitu2 tetep kok puluhan juga mengalir rekeningnya, tapi atas dasar memberi contoh kepada donlen2nya, dilakuinlah itu. Hiyaaaaa, maafkan diriku emak, masih takut dan ngumpet, ya baiklah, artinya saya harus berani juga ah!

Nah judul materi saya waktu kasih pencerahan ke adik-adik kelas adalah "Rumahku Kantorku, berpenghasilan dari rumah dengan www.makicakes.com".

Slide demi slide, saya kasih lihat gambar-gambar kue, ada kue ulangtahun, ada cupcake, ada kue pengantin, dari kecil sampe gede gedeee gitu. Dikasih lihat juga harganya, dari cupcake yang 20ribuan, sampe kue pengantin yang harganya xxxxxxx.

Ketika sampe di slide, BAGAIMANA CARANYA?

Saya tidak menyampaikan hitung-hitungan modal, karena modal tidak terlalu penting, modal nomor 1 adalah BERANI MEMULAI.
Saya tidak menjelaskan apa ilmu yang harus dimiliki untuk jualan kue, karena ilmu bisa dipelajari SAMBIL JALAN.
Saya tidak menjelaskan apa alat yang harus dipunyai, karena secanggih apapun alatnya yang berperan adalah MANUSIANYA.
Saya tidak menjelaskan enaknya saja, tapi saya buka juga bagaimana melewati rintangan, satu per satu sehingga saya sampai di keadaan sekarang.

So bukan masalah berapa omsetnya, berapa keuntungannya, tapi bagaimana kita bersikap dalam menjalani prosesnya ketika kita sudah punya bisnis sendiri dan menjadi nahkodanya.



Adik-adik kelas saya pun mengikuti -ngeliat dari wajah2nya sih- antusias... :D Alhamdulillah, semoga bisa memberi sedikit masukan ya dek.... Sayapun masih belajar sampai sekarang.

Dari hari pertama kelas pertama saya gugup, eh ternyata kelas berikutnya, berjalan dengan menyenangkan! Besoknya juga menyenangkan! Cuma haus :D Ternyata berbagi pengalaman itu memang menyenangkan! :)

Besok sabtu, saya sudah janjian ketemuan sama temen-temen Oriflame saya, horeee!!! mau makan-makan bakso dong kita di rumah sambil ngobrolin rencana kerja di Februari. Diiihhhh MLM aja ampe segitunya! Eh yaaa tentuu lah yaa, kalo ngarep dibayar dengan harga profesional, maka kerjanya juga harus profesional, hehehe, harus fokus, harus menghargai prosesnya, menghargai pekerjaannya.... Berharap gaji besar tapi masih men"cuma"kan pekerjaan kita? Ah jangan yaa, semua pekerjaan membutuhkan totalitas kita....

Saya paham saya masih merintis,
Saya paham saya masih baru 4 bulan,
Saya paham saya masih dalam tahap belajar,
Kesulitan apapun artinya kita masih sedang belajar...
Kesetiaan kita di bisnis ini pun diuji, sama seperti ketika saya berhadapan dengan kegagalan2 di dunia kue, tapi karena cinta, tetap saya berdiri dengan bangga sebagai BAKUL KUE, semoga begitupun karir kita semua di Oriflame, bisa menjadi karir jangka-panjang, bisa menjadi masa depan, susah dan senangnya kita tegar menjalaninya. Dan ketika tiba waktu Diamond kita, kita pun ikhlas menjalaninya, hihihihihihi.... Masih jauh? tapi akan semakin dekat kalo kita tetap berjalan mendekat, dan akan semakin jauh kalo kita sendiri yang menjauh, nahhhhh!

Tetap semangat, menyiapkan diri untuk performance bulan Februari!! See you at the top!


---

Yulia Riani/Andri Wibowo - Double Diamond Director
email : makidanpaki@gmail.com
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae